1000cc … Lebih keren tapi kurang fun !
Motor top of the line memang kesanya lebih keren, untuk harian lebih “cool” tapi bicara untuk keperluan trackday lain lagi ceritanya. Motor 1000cc memiliki tenaga sekitar 150-180 on wheel. Artinya menggunakan motor sebesar ini ruang untuk eksprimen pun terbatas. Modifikasi lebih diarahkan kepada sektor power delivey. Untuk power upgrade harus hati hati jika tidak mau motor menjadi unridable …
Pada akhirnya motor 1000cc lebih disarankan untuk melakukan modifikasi tampilan ketibang naikin tenaga gak karu karuan yang akhirnya di sirkuit pun gak terpakai !
Bicara motor 600cc lain lagi ceritanya. Motor ini power bandnya sekitar 100-125 hp on wheel. Cukup kencang buat yang tidak terbiasa, namun dengan bobot yang hanya lebih ringan 10-15 kg dibandingkan superbike, power to weight rationya tidak terlalu ekstrim. Hasilnya biker bisa bereksperimen dengan mesin, power dan tentunya bermain “rev” di lintasan …
Hanya saja motor 600 bukanlah motor flagship atau raja. Tapi balik lagi, tetap seru kok!
Sikat mbah
lebih menyenangkan ya Mbah.lebih ringan,lebih mudah dikendalikan.jadi banyak pembeli Supersport bukannya ndak mampu beli Superbike atau ndak mampu bawa Superbike.tapi Supersport lebih menyenangkan.
kalo yg 800 mbah?
Bukan “tetap seru” tapi jauh lebih seru
Nah mendingan lo ngomong topik kaya gini yang udah jd habitat lo…lebih informatif dan yg paling penting lebih keliatan pinternya hahaha
artikel kaya gini indirect impact nya,
lumayan buat nangkis si ngabidin
secara ga langsung mbah nunjukin
eh abidin banyakan mana sih turun di sirkuit bneran guwe atau elo?
laptime terbaik lo di sikruit emang brape
gitu kali yah
masa banyakan njajal motor serius dan turun sirkuit orang yg disebut “setara penjual vcd bajakan” sih daripada pentolan jajaran manajemen pabrikan dgn fans yg militan
wkwkwk