Populer di tahun 90 hingga akhir dekade pertama tahun 2000an
Bicara knalpot undertail, kita harus kembali ke awal tahun 90an. Siapa lagi kalau bukan Ducati 916 series? Nah bersama dengan Honda NR series, mereka menjadi Pioneer produsen motor superbike pengguna knalpot undertail. Dan di awal tahun 2000an hampir semua motor menggunakan knalpot under tail. Nah sebagai catatan knalpot undertail adalah knalpot yang berada di bawah jok. Berikut list motor superbike pengguna knalpot undertail.
- Ducati Superbike series 916, 999, 1090
- Honda CBR 600 series
- Honda Fireblade 1000 G1
- Kawasaki ZX 636 2006
- Mv Agusta F4 750, F4 1000, F4 G2
- Triumph Daytona 675 G1 & G2
- Yamaha YZF R1 2006 – 2014
Tetapi di awal dekade kedua tahun 2000an, trend knalpot undertail pun bergeser. Knalpot pindah kebagian bawah. Tidak serta merta kesamping dan jadi konvensional seperti F3 ini ya, tapi kebawah. Seperti CBR1000RR, kawasaki ER6 G2 hingga biangnya undertail seperti Ducati pun memindahkan knalpotnya kebagian bawah . Dan mungkin era knalpot undertail akan segera berakhir.
Tercatat tingga Honda CBR600RR dan Mv Agusta F4 series yang masih bertahan hingga saat ini dengan knalpot undertail. Patut dicatat kedua motor sudah uzur dan akan dipensiunkan tahun depan …
Gemana dengan Underbelly ?
ndak suka saluran buang dibawah ekor.Kotor!!enakan yg dibawah,tidak terlalu Kotor cukup diLap sudah bersih.Ngoahahaha.maksud saya kotoran dari Ban.jangan berfikir yg bukan2 ya.Ngoahahaha.
Wkwkwk
masa jayanya telah usai 😀
—————————————
Motor Swap Engine Lamboghini v12
http://rpmsuper.com/2015/12/20/sepeda-motor-bermesin-lamborghini/
Smga tdk pnsiun smua.. Pdhl sendalpot undertail tu sgt seksi!
padahal undertail itu membuat motor jd lebih “bersih”
—
http://otomags.com/index.php/2015/12/20/top-10-kesalahan-pintu-palang-otomatis-ngakak-miris-cuek/
http://otomags.com/index.php/2015/12/20/info-pengalihan-arus-lalu-lintas-untuk-natal-dan-tahun-baru/