Steering damper … Mengurangi viberasi dan meningkatkan keselamatan!
Bicara soal steering damper, teknologi ini umumnya disangka supaya stang lebih berat, dan ini sih ada benernya, tapi sebenarnya fungsinya lebih dari itu. Fungsi steering damper yang sesungguhnya adalah menambah stabilitas motor saat digunakan, baik pada kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah. Dan steering damper sendiri ada 4 tipe …
- Manual adjustable steering damper, yanf umumnya digunakan untuk motor kompetisi
- Automatic adjusted steeeing damper, biasanya merupakan fitur standar superbike premium dan terintegrasi riding mode
- Speed sensitive steering damper, model gini bereaksi dengan kecepatan motor.
- Non Adjustable Basic Steering damper. Biasanya untuk mencegah viberasi
Tetapu untuk penggunaan harian, kegunaan steering damper adalah mencegah pergerakan liar motor yang dipengaruhi impak pada ban dengan kontur jalanan. Steering damper tipe basic ini tidak bisa di atur sensitifitasnya namun secara fungsional sudah lebih dari cukup menstabilkan pergerakan stang dari ban.
Tapi jika ditanya kenapa orang jarang menggunakan basic steering damper? Itu karena steering damper hanya hadir dalam bentuk OEM, sementara versi aftermarket umumnya lebih advance …
jadi inget dulu temen pake ginian di motor batangannya, abis d setel eh malah ke Lock terus jato..wkkwkwkw
harus terbiasa klo ga pasti berasa aneh riding style nya
—
http://otomags.com/index.php/2015/12/08/ketika-livery-sponsor-lebih-menjual-dibandingkan-dengan-livery-pabrikan/
kirain emang buat gaya 😛
http://kobayogas.com/2015/12/04/inspirasi-modif-modif-kategori-thai-look-ban-cacing-dan-bodi-warna-warni/
lebih advance itu temennya lebih mahal ya mbah..??
OEM itu gak pake serial number, tapi diproduksi di pabrik yang sama…..
Bisa di aplikasikan/pake di NMax gak mbah? Itu motor kan getar bgt stangnyah..
yang begian magh udah lama booming mbah…dipake jamannya road race 2 tak taon jebot…
kata ridernya..buat nambah stabilitas apalagi di sirkuit “pasar senggol”…
aya..aya awewe..padahal dipakenya di motor bebek “underbone” 2 tak 110-125 cc doang… 😀 😀 😀
Mbah, bikin artikel cara kerja steering damper dong kaya gimana,apa kaya shock stabilizer? Cuman ini pakr cairan hidrolik?
Setuju sama usulan ente gan
jd inget pake stabiliser di bebek,kalo jl pelan kaya orang mabuk naik motor.krna stang lurus terus
katanya yang penting keren..kwkwkw