Keduanya sama sama berbasis Motor Supersport. khususnya 600cc dengan basis mesin Honda CBR600RR. Namun meski demikian kedua motor memiliki perbedaan bak bumi dan langit meski secara perbedaan perfoma keduanya beda beda tipis. Ini sekedar perbandingan ya, musim lalu Tito Rabat berhasil meraih pole dengan waktu 2.07.429 diatas moto2 Kalex. Sementara musim ini PJ Jackobsen diatas Honda CBR 600RR meraih fastest lap 2.09.450
Artinya ada selisih waktu dua detik antara kedua motor dengan basis mesin yang sama yaitu CBR600RR. Padahal mesin WSS bisa dikatakan lebih “bebas” di rombak ketibang controled engine pada motor Moto2
Jika dikatakan lebih enak mana bagi pemabalap makanitu relatif, karena ada pembalap Moto2 yang tenyata lebih cocok di motor WSS atau sebaliknya ada pembalap yang berasal dari WSS justru lebih nge “klop” dengan motor prototype. Ya contohnya Cal Crutchlow! Tetapi kembali ke sisi teknis maka Perbedaan yang signifikan dikatakan oleh dimas adalah pada sektor sasis, dimana Moto2 memang dari awal di rancang untuk keperluan balap, berikut yang membedakan :
- Moto2 : frame lebih kaku vs WSS frame lebih lunak
- Moto2 : Rider Comfort terbatas vs WSS lebih nyaman untuk waktu lama
- Moto2 : Engine modification minimal vs Engine open WSS lebih bebas
- Moto2 : Manuver lebih sulit karena liar tapi lincah vs lebih mudah tapi tidak lincah pada WSS
lagi-lagi gak melulu power ya mbah..??
selain pengendalian bobot yg lebih ringan membuat Moto2 unggul diSirkuit.
Iwb info : “Africa Twin bakal dilepas dengan banderol termurah 181jutaan…” mantapp ni,hehe…
sama kek TZR 250 lawan GSX 1000, liat di Youtube GSX 1000 kesulitan ngejar 2 tak 250cc…
siang mbah ijin share ya
http://orongorong.com/2015/09/07/ini-dia-kolektor-motor-balap-kawasaki-jadul/
enggak cuman power yang menetukan
http://saiisoku.com/2015/09/11/ojek-pangkalan-dan-gojek-berdamai/